close

Prediksi Israel Intifadhah Takkan Berakhir

By  


Al-Quds – Infopalestina: Koran Haaretz Israel terbitan hari ini, Kamis (26/11) melansir pernyataan seorang pejabat teras di jajaran militer Israel bahwa prediksi keamanan intifadhah takkan berakhir. Sejumlah operasi perlawanan Palestina akan kemungkinan akan terus terjadi di bulan-bulan berikut. “Saya tak melihat adanya penurunan perlawanan di bulan-bulan yang akan datang. Saya juga tak tahu, seandainya perlawanan ini terus berkembang dan mengarah pada eskalasi yang lebih luas lagi.

Sejumlah prediksi militer memperkirakan, sebegaimana dilansir Haaretz bahwa intifadhah kali ini merupakan pase perubahan kemampuan perlawanan di lapangan, bahkan hingga mencapai pada pase penyempurnaan. Ketegangan yang terjadi akhir-akhir ini mengakibatkan operasi perlawanan tidak hanya terjadi di dalam wilayah Tepi Barat tetapi juga di dalam jantung wilayah Israel.

Saat ini militer sedang mangambil langkah-langkah yang diyakini akan menguarangi aksi perlawanan di Tepi Barat. Seperti operasi penggeledahan terhadap mobil-mobil yang melintas, yang kemungkianan dijadikan alat oleh perlawanan untuk menjalankan aksinya. Kedua, perubahan jalur lalu lintas di persimpangan koloni wilayah permukiman, Ghost Etzion, selain peningkatan penjagaan dan perlindungan di persimpangan Etzion serta di sejumlah terminal mobil.

Menurut pengamatan militer, sebagian besar aksi terjadi di wilayah berdekatan yang memungkinkan militer menutup semua jalan di semua plosok Tepi Barat. Mereka juga mengklaim berhasil menguasai sejumlah rumah warga di Hebron yang diklaim tentara tempat dimana tembakan berasal.

Seperti disebutkan, Haaretz sejumlah pimpinan militer Zionis sebelum terjadinya intifadhah telah mengajukan sejumlah rekomendasi kepada pemerintah Israel untuk memperkuat pasukan otoritas Palestina disamping sejumlah kemudahan bagi rakyat Palestina. Kemudahan yang dimaksud adalah kemudahan untuk mendapatkan surat izin bekerja bagi warga Palestina atau pembebasan puluhan tawanan yang ditahan di penjara Israel sejak puluhan tahun lalu.

Sejumlah rekomendasi lain telah diajukan kepada pemerintahan Israekl mencakup perizinan yang diberikan kepada otoritas Palestina untuk menambah sejumlah mobil brigade yang dilengkapi senjata ringan, sebagai tambahan bagi kendaraan yang dimiliki sekarang oleh aparat keamanan Palestina.

Namun ternyata perdana menteri Israel, Benyamin Netanyahu dan sejumlah anggota Knesset menolak semua rekomendasi ini yang menilai semua rekomendasi tersebut tak mungkin direalisasikan sebelum Tepi Barat kondusif dan intifadhah berhasil dikendalikan. (asy/Infopalestina.com)

ADVERTISEMENT
Toko Sisi

About Toko Sisi

Sabar dan tahan uji, serta penuh harap (optimisme) terhadap pertolongan Allah seperti dipesankan Khalifah Umar haruslah menjadi keyakinan kaum beriman. Dalam Alquran ditemukan banyak ayat yang menjanjikan kemudahan di balik kesulitan.

Subscribe to this Blog via Email :