close

Mengatasi Mobil Mogok

By  


Mobil Mogok timbulnya masalah pada mesin mobil memang suatu hal yang paling merepotkan bagi kita. Apalagi disaat kita sedang banyak kesibukan yang harus segera kita selesaikan. Masalah pada mesin mobil yang paling menjengkelkan bagi kita biasanya adalah, mesin mobil mogok.

Ya apa mau dikata jika ini terjadi mau atau tidak, kita harus mengatasinya. Jika mobil mengalami mogok saat didalam kota atau dekat dengan bengkel service, semua itu tak jadi masalah. Namun, yang sangat membingungkan jika hal tersebut terjadi saat kita ditengah perjalanan hendak keluar kota.

Nah jika hal ini terjadi pada Anda, sebaiknya Anda antisipasi saat Anda hendak bepergian. Seperti halnya menyediakan perlengkapan mobil saat akan bepergian, dan mempersiapkan segala sesuatunya. Baiklah disini saya akan memberikan sedikit tips bagaimana Cara Mengatasi Mobil Mogok ketika sedang bepergian. Jika mobil Anda mogok tanpa ada tanda-tanda kerusakan dari mesin mobil, sebaiknya Anda memeriksa komponen-komponen sebagai berikut. 

1. Sekring. Salah satu dari penunjang kinerja mesin mobil adalah sekring. Sekring juga berfungsi sebagai pengaman saat kendaraan mengalami masalah pada system kelistrikannya. Jika kelistrikan pada mobil mengalami kelebihan beban, maka sekring akan mengalami kerusakan atau putus pada elemen sekring itu sendiri.

Jika sekring pada bagian engine putus, maka system pembakaran mobil Anda akan tidak berfunsi. Nah jika hal ini terjadi pada mobil Anda, sebaiknya Anda dapat menyambungnya dengan menggunakan tembaga dari isi kabel. Namun sebaiknya, jangan terlalu benyak tembaga kabelnya. Karena jika terjadi konsleting pada kelistrikan mobil Anda, sekring tersebut tidak akan putus.

Apabila sekring yang anda perbaiki tersebut tidak akan putus saat konsleting, maka hal ini dapat menyebabkan kebakaran pada mobil Anda. Tetapi perlu Anda ingat cara perbaikan ini hanya bersifat sementara, dan tidak dianjurkan menggunakannya terlalu lama. Jika Anda sudah mendapatkan sekring baru, sebaiknya Anda menggantinya dengan yang baru hal tersebut guna menghindari resiko-resiko yang dapat membahayakan Anda sendiri. 

2. Busi. Sebagai fungsi dari pembakaran pada mesin, busi juga harus dirawat dengan baik juga. Karena jika busi mengalami kotor, maka hal ini dapat menyebabkan busi cepat mati atau akan mengalami kerusakan. Jika pada sekring tidak bermasalah, maka sebaiknya Anda memeriksa busi mobil Anda.

Dengan cara, tunggu hingga mesin mobil Anda dingin lalu lepaskan businya. Setelah businya Anda lepas, perhatikan busi tersebut. Jika busi kotor, sebaiknya bersihkan busi tersebut dengan menggunakan ampelas halus. Setelah busi tersebut bersih, lalu tes funsi busi itu sendiri. dengan cara, sambungkan busi yang belum terpasang pada kabel busi.

Lalu tempelkan busi pada body mesin, dan lakukan starter pada mesin mobil. Namun usahakan anda tidak menyentuh elemen logam pada busi dan mesin mobil tersebut.

Karena, tegangan listriknya cukup tinggi. Saat mobil distarter Anda dapat memperhatikan percikan api pada busi tersebut. Jika percikan apinya cukup besar, maka busi sudah dapat digunakan. Akan tetapi jika terjadi sebaliknya, maka Anda harus mengganti busi tersebut dengan yang baru. 

3. Karburator. Jika mobil Anda masih menggunakan system karburator, maka Anda juga dapat memeriksa supply bahan bakar ke karburator. Usahakan supply bahan bakar berfungsi dengan baik. Namun jika supply bahan bakar sudah berfungsi dengan baik dan tidak bermasalah, maka Anda dapat cek kondisi karburator itu sendiri.

Akan tetapi, lain halnya jika mobil Anda sudah menggunakan system injeksi anda hanya perlu memeriksa ketersediaan bahan bakar dan memastikan kelayakan bahan bakarnya saja. Karena system injeksi perlu ditangani dengan tenaga khusus. Nah jika beberapa metode diatas sudah anda lakukan dengan baik, mudah-mudahan mobil Anda akan kembali dapat menyala dengan baik.

Namun hal ini sifatnya pada kerusakan ringan saja. jika kendaraan Anda mengalami kerusakan lebih serius, sebaiknya anda melakukan perbaikan dibengkel agar kendaraan Anda dapat ditangani dengan baik. Adapun kerusakan-kerusakan lain pada mesin mobil Anda, sebaiknya Anda dapat mengenali tanda-tanda kerusakan yang serius pada mesin mobil Anda.

ADVERTISEMENT
Toko Sisi

About Toko Sisi

Sabar dan tahan uji, serta penuh harap (optimisme) terhadap pertolongan Allah seperti dipesankan Khalifah Umar haruslah menjadi keyakinan kaum beriman. Dalam Alquran ditemukan banyak ayat yang menjanjikan kemudahan di balik kesulitan.

Subscribe to this Blog via Email :