close

Cara mengatasi Layar Komputer blank

By  

CPU Hidup Monitor Blank - Berdasarkan pengalaman melayani klien Teknisi Komputer Denpasar, Kerusakan komputer seperti CPU hidup tetapi monitor blank atau monitor tidak menampilkan gambar adalah masalah yang paling sering dialami. Penyebab kerusak ini pun macam-macam, mulai dari memori kotor, kartu-kartu lainnya kotor atau bahka hingga prosesornya kotor.

Teknisi Komputer Denpasar merangkum berbagai kerusakan yang menyebabkan lampu indikator power komputer hidup tapi monitor tetap blank alias tidak muncul apa-apa hanya warna hitam gelap menyelimuti tampilan monitor.



Dari rangkuman perbaikan komputer yang mengalami masalah blank screen ini, diharapkan aga pengunjung bisa mencoba memperbaiki sendiri komputernya sebelum memanggil seorang teknisi untuk mengatasi kerusakan komputernya. Perbaikan ini dapat dilakukan oleh orang yang baru belajar sekalipun. Tetapi bagi yang belum pernah belajar, sebaiknya jangan mencoba karena bisa saja bukannya memperbaiki malah merusak.

Rangkuman Cara Memperbaiki Komputer Blank Screen

1. Komputer Layar Gelap/Blank Screen disebabkan oleh kepingan memori kotor. Apabila hal ini terjadi, maka solusinya adalah dengan membersihkan kepingan memori dari kotoran dan jamur-jamur yang menempel di permukaan kepingan memori, khususnya pada bagian kuningan yang tehubung ke motherboard.
Cara melepas kepingan memori juga gampang, tetapi gampang bagi yang sudah tahu, bagi yang belum pernah membuka atau melepas kepingan memori dari motherboard, sebaiknya tanyakan pada teman yang tahu terlebih dahulu. Setelah dilepas dan dibersihkan, silahkan dipasang kembali dan coba hidupkan kembali komputer anda.

Langkah ini paling sering dilakukan ketika komputer tidak bisa menampilkan sesuatu di layar monitor, atau lebih dikenal dengan blank screen. Dan langkah ini juga paling sering menjadi solusi tepat untuk memperbaiki komputer dengan masalah blank scree.

2. Komputer Layar Gelap Blank Screen yang kedua di sebabkan oleh persoalan lain yang TKD sendiri belum bisa memastikan dengan benar dimana letak kerusakannya, namun solusinya adalah dengan cara mereset BIOS. Dengan mereset BIOS persoalan komputer blank screen dapat teratasi.

Untuk mereset BIOS dapat dilakukan dengan menggunakan jumper BIOS yang biasanya selalu dilengkapi dengan keterangan pada mainboard bertuliskan CMOS. Nah jumper itu defaultnya terpasang 1-2, jika dipindahkan 2-3 maka jumper tersebut berfusngi untuk mereset.

Caranya, matikan komputer (shutdown) kalau sedang hidup, kemudian putuskan hubungan listrik dengan CPU (centra Processing Unit), selanjutnya pindahkan jumper yang tadinya di posisi 1-2 menjadi 2-3. Hidupkan kembali komputer, ada beberapa jenis mainboard, dimonitor tidak menampilkan apa-apa, dan bebrapa jenis mainboard lainnya bisa menampilkan sesuatu. Baik yang di monitor menampilkan image ataupun tidak, segeralah putuskan kembali aliran listrik ke CPU setelah menekan tombol power CPU dalam kondisi jumper posisi reset (2-3).

Dengan mereset BIOS otomatis tanggal sistem yang tersimpan di dalam BIOS akan kembali pada tanggal pabrik sehingga perlu diatur ulang, ketika komputer sudah hidup.

3. Layar Monitor Blank juga bisa disebkan oleh kotornya mainboard, oleh karena itu sebaiknya motherboard/mainboard dan perngkat lainnya yang terhubung ke maiboard sebaiknya selalu dibersihkan secara berkala agar tetap bersih.
Untuk membersihkan mainboard, dapat digunakan kuas, atau hair dryer atau sejenisnya untuk menghilangkan debu-debu yang lengket pada mainboard.

Proses pembersihan mainboard, sebaiknya dilakukan ketika prosesor belum di lepas. Hal ini dilakukan untuk menghindari masuknya debu ke bagian atau area prosesor, yang justru malah mengganggu kinerja prosesor itu sendiri bahkan merusak prosesor.

4. Kerusakan Komputer Layar Gelap berikut disebabkan oleh kotornya atau berjamurnya plat kuningan yang ada pada prosesor. Teknisi Komputer Denpasar baru saja memperbaiki komputer yang blank screen, setelah membersihkan semua komponen yang ada dan terpasang pada motherboard, ternyata komputer masih tetap blank screen, dan ternyata setelah membongkar prosesor dan membersihkannya, akhirnya komputer kembali hidup normal.

Cara membersihkannya gampang-gampang susah, gampangnya karena menggunakan peralatan yang sangat sederhana seperti obeng dan karet penghapus pensil. Kesulitannya yaitu membuka mulai dari fan dan dudukannya hingga melepas prosesor daro socket prosesor. Pada saat melepas harus hati-hati dan akan lebih baik kalau tidak disentuh bagian kuningan dengan tangan. Bersihkan dengan menggosok karet penghapus pada bagian kuningan prosesor hingga bersih dari debu dan jamur, setelah itu pasang kembali dan hidupkan komputer.

Submer: klik disini

ADVERTISEMENT
Toko Sisi

About Toko Sisi

Sabar dan tahan uji, serta penuh harap (optimisme) terhadap pertolongan Allah seperti dipesankan Khalifah Umar haruslah menjadi keyakinan kaum beriman. Dalam Alquran ditemukan banyak ayat yang menjanjikan kemudahan di balik kesulitan.

Subscribe to this Blog via Email :