close

Cara Ajari Anak untuk Jujur

By  

ZAMAN sekarang ini, banyak orang-orang yang tidak dapat dipercaya. Kebanyakan mereka tidak berkata seperti apa yang terjadi. Mereka bersikap tidak jujur. Salah satu penyebabnya, mungkin didikan sejak kecilnya yang salah. Orang tua mungkin lupa ajarkan anaknya untuk jujur. Sehingga ketika beranjak dewasa, anak sudah terbiasa untuk tidak jujur. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi orang tua untuk ajari anak agar bersikap jujur.

Berikut adalah beberapa cara untuk membantu membimbing anak-anak Anda agar bersikap jujur.

• Beri pemahaman

Berikan pemahaman secara sederhana kepada anak bahwa berbohong itu tidak baik dan dapat berakibat buruk. Misalnya tidak akan ada orang yang percaya dengan kata-katanya lagi, sehingga dia pun tidak bisa memiliki banyak teman. Selain itu, sebagai orang tua, kita juga harus konsisten untuk berbicara jujur. Jika anak mengajukan pertanyaan yang tidak kita ketahui jawabannya, katakan dengan jujur bahwa kita tidak tahu dan ajak ia untuk mencari jawabannya bersama-sama.

• Beri hadiah

Orang tua sering cepat untuk memarahi, tetapi tidak begitu cepat untuk memuji. Beri hadiah kejujuran dengan banyak pujian dan pelukan. Ini akan membangun kepercayaan diri dan memperkuat perilaku positif.

• Beri rasa aman

Ketika anak berkata bohong karena dia takut bila Anda marah, janganlah langsung memarahinya. Tapi, berikanlah pelukan dan cinta kasih Anda pada anak. Sehingga anak akan merasa nyaman dengan Anda. Hingga dia pun akan mencoba untuk tidak berkata bohong lagi.

• Pendidikan agama

Menanamkan pendidikan agama sejak kecil merupakan cara terbaik untuk mengajarkan kejujuran. Banyak sekali pelajaran agama yang berkaitan dengan perilaku jujur dan memberikan pengertian bahwa berbohong itu perbuatan dosa yang sangat tidak disukai oleh Allah. Pembekalan seperti itu sangat efektif untuk mengajarkan anak agar selalu berkata jujur.

• Dorong anak Anda untuk mencari teman yang jujur

Jika teman-teman anak Anda berbohong dan menipu, kemungkinan besar bahwa anak Anda pun akan seperti mereka. Tapi kalau teman-teman anak Anda terhormat dan jujur, maka putra atau putri Anda akan cenderung menjadi sama. Ajarkan anak Anda untuk bergaul dengan anak-anak lain yang jujur dan dapat dipercaya. 
http://www.islampos.com/inilah-cara-ajari-anak-untuk-jujur-114300/

ADVERTISEMENT
Toko Sisi

About Toko Sisi

Sabar dan tahan uji, serta penuh harap (optimisme) terhadap pertolongan Allah seperti dipesankan Khalifah Umar haruslah menjadi keyakinan kaum beriman. Dalam Alquran ditemukan banyak ayat yang menjanjikan kemudahan di balik kesulitan.

Subscribe to this Blog via Email :