close

TIPS AGAR BAN TIDAK MUDAH GUNDUL

By  


Ban merupakan komponen kendaraan yang kadang tidak begitu mendapat perhatian. Bahkan adakalanya kita menggunakan ban seenaknya sehingga tanpa kita sadari bisa membuat ban tersebut cepat menjadi tipis. Dengan cara tertentu sebenarnya proses penipisan ban kendaraan bisa sedikit di kurangi walaupun akan tetap berkurang ketebalannya. Sebagai bahan perbandingan, umur ban sepeda motor depan bisa mencapai 2 tahun sedangkan untuk ban belakang bisa mencapai 1 tahun. Umur tersebut adalah umur standart untuk pemakaian normal dalam kota. Jadi jika ban motor anda lebih cepat gundul, perlu adanya analisa apa penyebabnya.

Proses berkendara yang tidak baik juga turut andil dalam proses mempercepat gundul atau tipisnya ban. Berikut ini beberapa trik dari sobatpc.com yang mungkin bisa anda pakai dalam berkendara agar ban bisa lebih awet dan tidak cepat gundul atau tipis.

  • Gunakan tekanan udara yang pas. Jangan menggunakan tekanan udara yang terlalu keras karena akan menimbulkan ketidaknyamanan dalam berkendara. Sedangkan tekanan udara yang terlalu lemah akan menyebabkan ban cepat tipis, karena terlalu banyak bagian ban yang menapak dijalan.
  • Minimalisir atau kurangi beban kendaraan. Semakin berat beban kendaraan, maka semakin cepat ban menjadi tipis, karena ban menjadi ekstra keras dalam menopang kendaraan tersebut.
  • Hindari jalan yang banyak mengandung tumpahan minyak. Kadang kala ada beberapa bagian jalan yang terkena tumpahan minyak (biasanya depan toko minyak, he…), kalo bisa hindari jangan sampai ban anda melewati minyak tersebut, karena hal tersebut akan membuat ban lebih mudah untuk terkikis, karena ban yang terkena minyak akan menjadi lebih lunak.
  • Gunakan rem secara wajar dan perlahan. Jangan menggunakan rem secara mendadak, apalagi sampai ban berhenti tetapi kendaraan masih melaju yang menyebabkan terjadi gesekan antara ban dengan jalan raya super keras. Kalo hal ini terjadi maka pastinya ban kendaraan anda akan cepat gundul.
  • Hindari jalan yang jelek, berbatu atau berkerikit. Selain tidak nyaman, jenis jalan ini juga memacu untuk lebih cepat membuat ban menjadi tipis.

ADVERTISEMENT
Toko Sisi

About Toko Sisi

Sabar dan tahan uji, serta penuh harap (optimisme) terhadap pertolongan Allah seperti dipesankan Khalifah Umar haruslah menjadi keyakinan kaum beriman. Dalam Alquran ditemukan banyak ayat yang menjanjikan kemudahan di balik kesulitan.

Subscribe to this Blog via Email :