close

Khalifah Umar bin Abdul Aziz dan peringatan dari anaknya

By  

Umar bin Abdul Aziz merupakan generasi tabi'in yang menjadi Amirul Mukminin. Dia diangkat seketika usai jenazah khalifah sebelumnya, Sulaiman bin Abdul Malik dikebumikan. 

Pengangkatan itu dilakukan dengan sangat mendadak dan tanpa persetujuan darinya. Tetapi, mayoritas umat Islam kala itu memilih Umar untuk menjabat sebagai Khalifah.

Saat pengangkatan di hari yang sama dengan pemakaman Khalifah Sulaiman, Umar ingin sekali beristirahat. Dia merasa sangat lelah karena belum tidur sejak semalam.

Umar kemudian pulang ke rumahnya untuk beristirahat. Tiba-tiba putranya, Abdul Malik, mendatanginya. "Apa yang akan ayah lakukan?" tanya Abdul Malik.

"Putraku, saya ingin beristirahat sejenak karena sangat lelah," kata Umar.

Abdul Malik kembali bertanya, "Apakah engkau akan beristirahat sebelum hak orang-orang yang didzalimi dikembalikan?"

"Saya ingin tidur sejenak karena semalaman mengurus pemakaman Khalifah Sulaiman. Tiba waktu dzuhur nanti, saya akan berjamaah dengan orang-orang dan akan saya kembalikan hak orang-orang yang telah didzalimi," kata Umar.

"Apakah ada yang dapat menjamin bahwa engkau masih hidup hingga waktu dzuhur tiba, wahai Amirul Mukminin?" tanya Abdul Malik lagi.

Mendengar perkataan putranya, Umar kemudian bangkit dari tempat tidurnya. Rasa kantuknya hilang seketika karena peringatan dari putranya. 

Umar kemudian memeluk dan mencium kening Abdul Malik. "Segala puji bagi Allah yang telah mengeluarkan dari tulang sulbiku seorang anak yang dapat membantu menegakkan agamaku," ucap Umar.

Seketika itu, Umar kemudian segera menjalankan tugas sebagai Khalifah. Dia pun segera menyelesaikan urusan pemerintahan di hari itu juga

ADVERTISEMENT
Toko Sisi

About Toko Sisi

Sabar dan tahan uji, serta penuh harap (optimisme) terhadap pertolongan Allah seperti dipesankan Khalifah Umar haruslah menjadi keyakinan kaum beriman. Dalam Alquran ditemukan banyak ayat yang menjanjikan kemudahan di balik kesulitan.

Subscribe to this Blog via Email :