close

Janganlah Jadi Pribadi Yang Lalai

By  

oleh Moel Andre

Allah SWT telah menciptakan dunia beserta segala isinya Agar manusia bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai khalifah Allah dibumi ini, manusia dituntut Untuk memakmurkan dan melestarikan Alam ini Agar terhindar dari segala kehancuran. 

Adapun kencuran itu sendiri terbagi menjadi 2. Pertama: Kehancuran materi adalah kehancuran yang terjadi akhibat kecerobohan manusia dalam memanfaatkan hasil bumi ini, sehingga akan terjadi beberapa bencana Alam seperti banjir, tsunami, tanah longsor dan sebagainya.

Kedua: kehancuran moral adalah kehancuran yang terjadi Akibat hilangnya moral dalam tatanan kehidupan masyarakat seperti seseorang yang tidak rela menerima taqdir Allah SWT dari apa yang sudah ditetapkannya dalam setatusnya sebagai Laki-laki ataupun wanita. 

Sungguh apa pun yang telah kita peroleh dari memakmurkan bumi ini seperti harta, tahta, keturunan dan segala bentuk kesenangan duniawi semua itu berasal dari Allah SWT, dan akan kembali pada-Nya

kita manusia hanya diberi amanat untuk mempergunakannya dengan sebaik mungkin, bukan menggunakannya untuk kehidupan hedonis yang sebagian orang terperdaya olehnya

Sungguh, kehidupan Yang seperti itu tidak akan ada penghujuangnya selain kematian yang terus mengintai dan akan menghukumnya. 

Imam Al-Ghazali bertanya pada muridnya “Apa yang paling berat di dunia ini? ”Ada yang menjawab baja, besi, dan gajah. Semua jawaban kalian benar, kata Imam Al-Ghazali, tapi yang paling berat adalah “memegang AMANAH”. Tumbuh-tumbuhan, binatang, gunung, dan malaikat semua tidak mampu ketika Allah SWT meminta mereka untuk menjadi khalifah (pemimpin) di dunia ini. Tetapi manusia dengan sombongnya menyanggupi permintaan Allah SWT, sehingga banyak dari manusia masuk ke neraka karena ia tidak bisa memegang amanahnya.

Semoga Allah SWT memberi kita petunjuk dalam hidup yang kita jalani. 

ADVERTISEMENT
Toko Sisi

About Toko Sisi

Sabar dan tahan uji, serta penuh harap (optimisme) terhadap pertolongan Allah seperti dipesankan Khalifah Umar haruslah menjadi keyakinan kaum beriman. Dalam Alquran ditemukan banyak ayat yang menjanjikan kemudahan di balik kesulitan.

Subscribe to this Blog via Email :