close

Bersyukur Atas Segala Nikmat-Nya

By  

Oleh, Moel Andre

Dalam kehidupan ini selalu ada usur positif & negatif. Ada kebahagiaan pasti ada kesengsaraan, ada kebaikan. Pasti ada kejahatan dan setiap ada bahaya, disana Ada manfaat serta kebaikan untuk kita. Semua unsur yang berlawanan ini adalah sebuah wujud Dari penghambaan kita kepada Allah SWT. Tuhan yang maha Esa

Sebagai orang yang beriman hendaklah kita bersyukur atas segala nikmatnya. Nikmat kesehatan yang kita miliki saat ini adalah karunia nya yang harus kita syukuri dengan melakukan kebaikan didunia demi kehidupan akhirat yang kekal abadi nantinya

Melihat disekeliling kita, kita bisa melihat disana da orang yang diuji Allah SWT dengan hilangnya sebagian dari anggota tubuhnya, tapi tetap tegar dalam melakukan ketaatan kepada Tuhannya. Sunggguh manusia terkadang tidak menghargai serapa penting nilai kesehatan hingga mereka diuji dengan kesakitan dan kesengsaraan.

Jika Kamu diuji dengan berbagai bentuk ujian kehidupan jangan kamu pernah berputus asa dan berhenti berdoa karena sebenarnya cobaan yang kamu hadapi itu adalah cara Allah SWT menguji seberapa baik Amal ibadah hamba-hambanya. Semakin berat usaha kamu dalam menjalani ketaatan, semakin besar pula pahala yang kamu dapatkan.

Attantawi dalam tafsirnya pernah mengatakan,“ Sebenarnya cobaan yang menimpa seseorang hamba hanya untuk mengetahui seberapa baik amalnya dan maksud dari “ seberapa baik amalnya “ adalah seberapa besar usahanya dalam mempersiapkan diri menghadapi kematian yang selalu mengintainya”.

Sedangkan Ibnu Katsir dalam tafsirnya pernah mengatakan, “ Allah SWT tidak menilai seberapa banyak ibadah yg kita lakukan akan tetapi yang dinilai sebenarnya seberapa baik amal ibadah yang sudah kita lakukan”. 

Dari dua keterangan ahli tafsir diatas kita dapat menyimpulkan, bahwa pendapat Muhammad said Tantawi Dalam tafsirnya lebih menyeluruh dan sempurna jika kita bandingkan dari pendapat Ibnu Katsir, karena jika seseorang mempersiapkan diri menghadapi Kematian maka dia akan melakukan ketaatan Sebanyak-banyaknya dengan cara yang baik tentunya.

Semoga kita senantiasa menjadi hamba yang bersyukur dalam segala hal yang Allah SWT berikan dalam hidup kita.

ADVERTISEMENT
Toko Sisi

About Toko Sisi

Sabar dan tahan uji, serta penuh harap (optimisme) terhadap pertolongan Allah seperti dipesankan Khalifah Umar haruslah menjadi keyakinan kaum beriman. Dalam Alquran ditemukan banyak ayat yang menjanjikan kemudahan di balik kesulitan.

Subscribe to this Blog via Email :