close

Belajar Memahami Kehidupan

By  

Oleh, Moel Andre

Semoga rahmat dan ampunan Allah SWT selalu bersama kita dalam setiap kesempatan dan waktu yang kita jalani. Hari ini saya akan sharing setitik hikmah kehidupan. Mungkin diantara sahabat pernah membaca atau bahkan mendengar tentang belajar dari Universitas Kehidupan.

Sang pencipta telah memberi kita anugrah akal yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya, mari kita belajar memahami kehidupan belajar dari Filosofi padi yang makin butir padinya berisi, maka tangkainya makin merunduk. jadi, semakin dalam ilmu yang dimiliki seseorang, semakin hilang kesombongan dalam dirinya, dia akan menjadi pribadi yang rendah hati

Selain kita belajar dari padi kita juga bisa mengmbil hikmah dari tanaman lain, yang sangat kita kenal dalam kehidupan kita sehari-hari, Ia adalah Pohon Pisang

Jiwa kekeluargaan Pohon pisang sangat menakjubkan, bayangkanlah Pohon pisang selalu hidup berkelompok seakan dalam ikatan keluarga yang erat bahkan bisa dikatakan kedekatan mereka membuat setiap pohon pisang itu menjadi kuat

Coba kita renungkan, dalam setiap bagian pohon pisang, dapat dimanfaatkan manusia. dan saat Ia berbuah, buahnya terasa nikmat, ketika Pohon pisang akan mati Ia pasti memikirkan pentingnya regenerasi, maka, Si pohon pisang akan menumbuhkan tunas sebagai penerus sebelum mereka mati.

Sahabatku..

hidup adalah belajar kita tidak musti belajar hingga mencapai gelar doktor dengan segudang karya buku yang kita hasilkan, tapi sebenarnya lebih dari itu, kita bisa belajar dari Alam yang sudah banyak mengajarkan bagaimana seharusnya kita hidup.

Jadilah orang yang sabar dalam menjalani lika-liku kehidupan ada saat dimana kamu merasa bahwa kehidupan tidak berlaku adil bagimu tapi percayalah, semua itu akan ada hikmahnya jika kamu bersabar dan percaya kepada sang pencipta

Jika pohon yang tidak mempunyai akal saja bisa memberi manfaat bagi kita manusia tentu saja manusia bisa lebih dari itu hanya terkadang akal dan hati seseorang telah tertutup yang membuat mereka tidak lebih baik dari makhluk tuhan yang tidak berakal..

Renungkanlah..

Walaupun benalu itu adalah Tanaman yang sangat dibenci orang tetapi ternyata masih ada yang bisa dimanfaatkan manusia darinya para pakar mengatakan, bahwa Benalu teh dapat bermanfaat untuk obat kanker Jadi bisa dikatakan, sejelek-jeleknya manusia itu bisa di pastikan masih sisi baik dari dalam dirinya inilah cara Allah SWT mengajarkan pesan bagi kita agar lebih bijak dalam menjalin hubungan kepada sesama manusia. 

ADVERTISEMENT
Toko Sisi

About Toko Sisi

Sabar dan tahan uji, serta penuh harap (optimisme) terhadap pertolongan Allah seperti dipesankan Khalifah Umar haruslah menjadi keyakinan kaum beriman. Dalam Alquran ditemukan banyak ayat yang menjanjikan kemudahan di balik kesulitan.

Subscribe to this Blog via Email :