close

Tiga Kunci Kebahagiaan

By  

Kebahagiaan adalah suatu yang sangat didambakan oleh setiap hamba-hamba Allah di muka bumi ini, meskipun setiap manusia mempunyai pandangan sendiri-sendiri tentang arti suatu kebahagiaan, tergantung apa yang diinginkan dalam kehidupan ini, sudah tentu bukan kebahagiaan semu yang hanya bertahan sementara tapi kebahagiaan hidup yang sesungguhnya.

Ternyata untuk mencapai kebahagiaan secara umum, dapat dimiliki oleh siapa saja tanpa memerlukan biaya yang mahal, asalkan kan memiliki 3 buah kunci di dalam kehidupan insyaallah kebahagiaan di dunia dan di akhirat akan dapat kita miliki.

Tiga Kunci adalah :
1. Keikhlasan
2. Kejujuran
3. Rasa Syukur

1. KEIKHLASAN

Keikhlasan adalah kunci pertama yang harus dimiliki, dengan mempunyai keikhlasan segala sesuatu terasa lebih mudah dan indah, dengan adanya rasa ikhlas segala sesuatu menjadi mudah tidak ada perbuatan apapun yang sulit, karena kita akan melakukan sesuatu hanya ikhlas karena Allah tanpa ada maksud apapun atau pamrih apapun, dan kita tidak akan pernah risau dengan perbuatan baik yang kita lakukan, apakah yang kita lakukan akan dihargai oleh orang lain atau tidak, kita tidak akan peduli, karena apapun kebaikan yang kita lakukan ikhlas karena Allah semata, dan keindahan pun akan berdampak dalam wajah kita yang selalu kelihatan cerah dan bersemangat.

Seperti Firman Allah didalam AL-Qur’an surat An-Nisa’ ayat 146:

“Kecuali orang-orang yang bertobat dan memperbaiki diri dan berpegang teguh pada (agama) Allah dan dengan tulus ikhlas (menjalankan) agama mereka karena Allah. Maka mereka itu bersama-sama orang yang beriman dan kelak Allah akan memberikan pahala yang besar kepada orang-orang yang beriman”

2. KEJUJURAN

Kejujuran adalah kunci kedua, yang harus dimiliki, dengan  adanya kejujuran, kehidupan terasa tenang tanpa ada beban dalam setiap langkah kehidupan. Jujurlah terhadap diri sendiri, bila telah jujur pada diri sendiri, kepada orang lain pun kita akan dapat bersikat jujur, karena apapun yang kita lakukan selalu ada dua orang malaikat yang mengawasi dan mencatat segala amal perbuatan yang kita lakukan, dan rahmat Allah pun selalu bersama dengan orang-orang yang jujur.

Seperti firman Allah dalam Al-Qur’an surat  At-taubah ayat 119:

“Wahai orang-orang yang beriman ! bertakwalah kepada Allah, dan bersamalah kamu dengan orang-orang yang benar (jujur).”

Dari  Ibnu Mas’ud. r.a berkata Rasulullah Shallallahu a’laihi wa sallam bersabda:
"Sesungguhnya berkata benar itu membawa kepada kebaikan dan sesungguhnya kebaikan itu membawa ke surga, orang yang jujur itu akan selalu berkata benar sehingga ia ditulis di sisi Allah sebagai orang benar-benar jujur. Dan sesungguhnya berdusta itu membawa kepada kejahatan dan sesungguhnya kejahatan itu membawa ke neraka, orang yang suka berdusta itu akan selalu bohong sehingga ia ditulis di sisi Allah sebagai pendusta.“ (Riwayat Bukhari dan Muslim)

3. RASA SYUKUR

Bersukur adalah kunci ketiga yang harus kita miliki, karena dengan rasa syukur, segala sesuatu menjadi lebih tentram dan damai, karena kita akan selalu pasrah apa yang telah ditakdirkan oleh Allah. Setelah kita berusaha dan berikhtiar, kita pun harus bersyukur dengan hasil yang telah kita peroleh tanpa ada perasaan mengeluh dan putus asa karena segala sesuatu hanya Allah yang menentukan , rasa syukur menerima apa yang telah di anugrahkan oleh Allah memberikan ketenangan dan kedamaian di dalam hati.

Seperti firman Allah dalam Al-Qur’an surat Ibrahim ayat 7:

“Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan: Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmatKu), maka pasti azab Ku sangat berat.”

Semoga dengan ketiga kunci yang sederhana ini, menjalani kita dapat menjalani kehidupan dengan lebih baik, dan terus bersemangat menambah kunci-kunci kehidupan yang telah difirmankan Allah didalam Al-Qur’an dan contoh teladan yang  telah diberikan oleh Rasulullah Shallallahu a’laihi wa sallam.

Akhirnya hanya kepada Allah juga kita selalu bermohon agar selalu di beri rahmat dan hidayah untuk selalu menambahkan kunci-kunci kebaikan di jalan Allah, Aamiin.
 

ADVERTISEMENT
Toko Sisi

About Toko Sisi

Sabar dan tahan uji, serta penuh harap (optimisme) terhadap pertolongan Allah seperti dipesankan Khalifah Umar haruslah menjadi keyakinan kaum beriman. Dalam Alquran ditemukan banyak ayat yang menjanjikan kemudahan di balik kesulitan.

Subscribe to this Blog via Email :