close

Iman dan Amal Sholeh

By  

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sahabat saudaraku fillah...

Iman dengan amal sholeh seperti dua sisi mata uang, sesuatu yang tidak bisa dipisah-pisah dan tidak boleh dipisah-pisah...

Iman harus dibuktikan dengan amal sholeh dan amal sholeh harus didasari oleh iman....

Sejatinya bentuk amal sholeh amatlah banyak, sejak bangun tidur hingga tidur lagi dapat bernilai amal sholeh, asalkan...

♥ Niat ikhlas karena Allah semata..

♥ Benar dalam melaksanakan aktifitas dan tidak melanggar aturan Allah dan Rasul-Nya...

♥ Setiap aktifitas bertujuan mencari ridha Allah semata sehingga memberikan manfaat dan terhindar dari segala sesuatu yang sia-sia..

Saudaraku... Amal sholeh tidak terbatas shalat, puasa dan sejenisnya, namun segala sesuatu yang bisa menghadirkan manfaat baik bagi diri dan sesama...hal inilah yang kemudian melahirkan istilah kesholehan sosial ( hubungan yang baik kepada Allah dan hubungan baik dengan manusia dan lingkungannya)

Secara garis besar kesholehan dibagi ke dalam beberapa hal;

~ Kesholehan pada Allah

Melaksanakan ibadah yang wajib disertai ibadah sunnah untuk mencari keridhaan Allah. Ibadah ini adalah yang menghubungkan makhluk kepada Rabb-Nya.

~ Kesholehan pribadi

Terdiri dari sifat-sifat yang mulia; jujur, amanah, pemurah, pemaaf, tawadhu', sabar, dan sifat-sifat baik lainnya.

~ Kesholehan pada keluarga

Yakni menjalin dan memperlakukan anggota keluarga dengan sebaik-baiknya.

~ Kesholehan pada masyarakat

Setiap manusia sebaik, sehebat, sekuat dan sepintar apapun tetaplah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari orang lain. Dalam segala keadaan pasti membutuhkan orang lain. Oleh karena itu harus mampu berlaku baik kepada mereka di luar diri kita dan keluarga.

Dengan demikian hendaknya kita mampu memberi manfaat bagi kehidupan masyarakat sesuai dengan kemampuan kita. Memiliki ilmu, ketrampilan hingga kedudukan haruslah memberi manfaat bagi sesama. Istilah sederhananya tidak ada yang sia-sia dari ucapan dan perbuatan kita bagi kehidupan di dunia ini..

Silahkan share.Salam santun erat silaturrahim dan ukhuwah fillah.
 

ADVERTISEMENT
Toko Sisi

About Toko Sisi

Sabar dan tahan uji, serta penuh harap (optimisme) terhadap pertolongan Allah seperti dipesankan Khalifah Umar haruslah menjadi keyakinan kaum beriman. Dalam Alquran ditemukan banyak ayat yang menjanjikan kemudahan di balik kesulitan.

Subscribe to this Blog via Email :