close

Syaikh Ahmad Yasin - Si Yatim Penggores Sejarah

By  

Ahmad Yasin adalah simbol perjuangan rakyat palestina. Ia lahir tahun 1938 di Jurah Asqelan, di pinggiran kota Majdal, sebelah selatan Gaza. Ayahnya wafat saat Ia berusia lima tahun.

Sejak kecil, Yasin hidup dalam suasana peperangan. Kondisi inilah yang membuatnya mengungsi ke Jalur Gaza menghindari serangan tentara Israel. Di usia 14 tahun, Yasin mengalami kecelakaan saat berolahraga. Kakinya retak dan mengakibatkan kelumpuhan. Ia terpaksa harus menggunakan kursi roda untuk menunjang aktivitasnya.

Mujahid ini banyak mengusung ide dan pemikiran kelompok Ikhwanul Muslimin yang didirikan di Mesir pada tahun 1928. Ia juga mendirikan al-Majma' al-Islami dan menjadi ketuanya hingga tahun 1984.

Perjuangan Yasin berakhir dengan peristiwa peledakan rudal yang dilakukan israel ketika ia sedang menuju mobilnya. Yasin syahid pada usia 65 tahun, saat keluar dari Masjid al-Mujamma'ul Islami yang berada di daerah Shabra di Jalur Gaza usai menunaikian Sholat Subuh pada tanggal 22 maret 2004.

ADVERTISEMENT
Toko Sisi

About Toko Sisi

Sabar dan tahan uji, serta penuh harap (optimisme) terhadap pertolongan Allah seperti dipesankan Khalifah Umar haruslah menjadi keyakinan kaum beriman. Dalam Alquran ditemukan banyak ayat yang menjanjikan kemudahan di balik kesulitan.

Subscribe to this Blog via Email :