close

Imam Sufyan ats-Tsauri - Si Yatim Penggores Sejarah

By  

Imam Sufyan ats-Tsauri dilahirkan di Kufah. Ayahnya meninggal dunia saat Imam Sufyan belum genap berusia sembilan tahun. Sejak itu, ibunya merawat dan mengasuhnya dengan penuh perhatian. Ibunya mendorong Imam Sufyan untuk mempelajari Hadits di Masjid.

Sampai-sampai, ia membuat tenunan, lalu dijualnya dengan harga sepuluh dirham. Uang itu diperuntukkan Imam Sufyan belajar Hadits.

Sejak kecil, Imam Sufyan bersemangat dalam menuntut ilmu. Ia memiliki daya ingat yang luar biasa. Ia hafal 300 ribu Hadits, namun Ia tak meriwayatkannya kecuali hanya sepersepuluhnya.

Sepanjang hayatnya ia menulis berbagai kitab. Ia orang yang pertama kali mengarang kitab tentang Hadits-hadits Maudhu (palsu) di Kuffah. Ia juga mengarang kitab, al-jami al Kabir dan al-Jami ash-Shaghir. Imam Sufyan wafat di Bashrah pada tahun 161 H.

ADVERTISEMENT
Toko Sisi

About Toko Sisi

Sabar dan tahan uji, serta penuh harap (optimisme) terhadap pertolongan Allah seperti dipesankan Khalifah Umar haruslah menjadi keyakinan kaum beriman. Dalam Alquran ditemukan banyak ayat yang menjanjikan kemudahan di balik kesulitan.

Subscribe to this Blog via Email :