close

Hadis Tarbawi : Membangun Kerangka Pendidikan Ideal Perspektif Rasulullah

By  

Dewasa ini berkat perkembangan iptek yang demikian pesat bahkan merevolusi,sejak abad ke-19, bagi seorang pendidik tidak mungkin lagi menguasai seluruh khazanah ilmu pengetahuan walau dalam bidangnya sendiri yang ia tekuni. Ia tidak mungkin menjadikan dirinya gudang ilmu dan oleh karena itu juga, ia bukanlah satu-satunya sumber belajar bagi muridnya. Tugas pendidik bukan hanya memberikan ilmu pengetahuan, akan tetapi tugas utamanya adalah menunjukkan bagaimana cara memperoleh ilmu pengetahuan, dan mengembangkan motivasi intelektual dalam menuntut ilmu. Dengan bahasa lain, munumbuh-kembangkan budaya membaca dan budaya meneliti untuk menentukan suatu (scientific curiosity) pada diri muridnya. Dengan singkat dikatakan tugas guru adalah "membelajarkan pelajar".


Proses transformasi ilmu pengetahuan serta internalisasi nilai-nilai spiritual, dan emosional yang diterapkan Rasulullah SAW, dapat dikatakan sebagai mukjizat luar biasa ynag patut diteladani. Keberhasilan Rasulullah dalam mengembangkan dan membangun manusia Makkah dan Madinah, tidak lepas dari wujud nyata dari kepribadian yang dimilikinya sebagai pendidik utama dan pertama dalam dunia pendidikan Islam.

Untuk mewujudkan pendidikan yang berbasiskan kenabian, perlu digagas profil Rasulullah sebagai pendidikan ideal. Banyak konsep pendidik yang sudah dikemukakan oleh pakar pendidik, akan tetapi masih seputar seputar pendidik menurut pendidikan Islam secara umum dan belum merujuk secara langsung kepada hadis-hadis Rasulullah secara utuh. Oleh karena itu konsep pendidik perlu ditinjau kembali dengan menauladani Muhammad SAw, kajian tersebut tentu harus dilihat dari hadis Rasulullah SAW.

Paling tidak melalui tulisan ini, diharapkan dapat memberikan gambaran utuh tentang profil Rasulullah sebagai pendidik ideal dan dapat memberikan solusi alternatif atas problematika keguruan di Indonesia. Hal tersebut didasarkan kepada; bahwa pada hakekatnya profil Rasulullah sebagai pendidik ideal di muka bumi, merupakan konsep kebenaran yang direkomendasikan Allah SWT.
JUDUL BUKU
:


Hadis Tarbawi
Membangun Kerangka Pendidikan Ideal Perspektif Rasulullah
PENGARANG
:
Dr. Zainal Efendi Hasibuan, M.A
PENERBIT
:
KALAM MULIA
ISBN
:
-
BERAT
:
-
HALAMAN
:
-
HARGA
:
Rp. 46.000



==============================================

==============================================
Buku ini bisa Anda pesan di MoslemBrothers.COM
==============================================

Cara Pemesanan :

- Bisa melalui Chatt Yahoo Messenger, silahkan aktifkan YM Anda lalu klik logo YM dibawah ini :


- Call atau SMS ke 08771-866-9006

* Contoh format SMS *

PESAN.JUDULBUKU.JUMLAH PESANAN
PESAN.SEJARAHPENDIDIKANISLAM.1

Pesanan akan kami proses setelah Anda melakukan pembayaran.

Cara Pembayaran bisa melalui transfer ke No. Rek dibawah ini :

Photobucket

BNI an: Halali Sahri
rek. 0253137209

Photobucket

BCA an: Halali Sahri
rek. 2230478646

ADVERTISEMENT
Toko Sisi

About Toko Sisi

Sabar dan tahan uji, serta penuh harap (optimisme) terhadap pertolongan Allah seperti dipesankan Khalifah Umar haruslah menjadi keyakinan kaum beriman. Dalam Alquran ditemukan banyak ayat yang menjanjikan kemudahan di balik kesulitan.

Subscribe to this Blog via Email :